Selasa, 11 Juni 2013

PENDAKIAN GUNUNG LAWU (3265 Mdpl) NAIK CEMORO SEWU jawa timur TURUN CEMORO KANDANG jawa tengah


 
Pendakian gunung lawu saya lalui sendiri namun bertepatan dengan bulan sura sehingga banyak sekali aktifitas di perjalanan,pendaki gunung pecinta alam atau peziarah sepanjang jalan selalu dapat kita temui,jalanan yang tidak begitu sulit mengingat logistik dan perbekalan yang saya bawa lumayan membuat tenaga terkuras dari mulai Tenda Dum,air 10 liter,dan setidaknya sekitar 50 kilo untuk tas seukuran 80 liter ada di punggung.
Saya berjalan santai sebenarnya bersamaan dengan pendakian saya ada kelompok pecinta alam yang lain dari cilacap yaitu GARPALA dan SMA 1 cilacap dan beberapa kelompok kecil yang terdiri dari 3 sampai 7 orang,namun saya memilih sendiri. Jarak yang di tempuh lewat cemoro sewu llebih mudah karena sebagian lebih terdiri dari batu yang disusun menyerupai tangga pada saat itu.
Rute Perjalanan :
1. Saya memutuskan naik kereta ekonomi turun di stasiun solo tepat pukul 12.30 dan kemudian menuju tempat pemberhentian angkutan yang menuju terminal.
2. Dari terminal Solo naik bus dengan waktu tempuh 1 jam menuju Tawangmangu dan menunggu sejenak melepas lelah turun di terminal untuk sekedar buang air kecil dan menambah perbekalan rokok kebetulan di kereta saya bertemu teman teman sambil mengobrol tak terasa rokok berkurang.
3. Dari Tawangmangu meluncur ke Cemoro Sewu pindah transpotasi dengan naik minibus dengan waktu tempuh 45 menit,dengan jalan yang menanjak dan hari mulai menjelang sore membuat saya semakin bersemangat untuk segera sampai di cemoro sewu.
4. Karena perbekalan di rasa cukup dan hanya mengisi air 10 liter tanpa mandi saya putuskan langsung Tancap gas setelah mendaftarkan diri melalui pos penjagaan namun terdaftar dalam rombongan cilacap karena tidak diperbolehkan melakukan pendakian sendiri itu merupakan salah satu pantangan di gunung ini.
5. Sekitar pukul 6 sore saya menghentikan langkah saya dan menyandarkan tubuh sambil menunggu mahgrib lewat walau samar smaa namun masih terdengar jelas di telinga.
6. Selepas pukul 7 malam saya melanjutkan perjalanan hingga pukul 01.00 malam saya sampai
pos III watu gede 
7. Saya sempatkan istirahat dekat dengan tenda Pecinta alam dari IMOGIRI sudah lama sih jadi lupa namanya namun saya masih mengingat kesantunan mereka kepada saya,dan mereka sempat tersenyum saat tahu saya dengan rombongan,rombonga di belakang kenapa kenapa mas tinggal emang teman teman kagak pada nyari mas...? aku jawab sedang cari udara segar sambil ketawa kami bersama walau udara dingin menembus jumper kami.
8. Sekitar pukul 03.00 pagi saya bertekat melanjutkan perjalan perdana saya di gunung LAWU dan sampai sendang derajat saya memutuskan utuk istirahat menyambut matahari terbit dan pukul 8 pagi saya mandi dengan celana kolor putih namun sebelumnya saya mendirikan Tenda dan berniat akan menginap malam itu di situ.
9. Malam harinya sekitar pukul 10.00 WIB rombongan cilacap baru sampai sempat saya menyambut mereka namun mereka akan mengambil tempat dekat dengan WARUNG yang terletak agak jauh di atas sendang guna mendirikan tenda.
10. Malam harinya saya habiskan dengan mengobrol bersama beberapa kelompok pecinta alam atau peziarah yang mampir ke tenda saya diantaranya dari Bandung,jakarta,surabaya,medan dan beberapa turis mancanegara bahkan ada turis yang menginap di tenda saya karena saya memilih untuk tidak tidur maka saya persilahkan kalau tidak salah dari korea.
11. Saya sambut pagi itu dengan senyuman matahari pagi dan sekitar pukul 09.00 saya putuskan pindah tempat kemah di bawah ARGODUMILAH setelah mandi tentunya dan sarapan pagi “wah kacau rokok tinggal 4 bungkus”sambil sarapan mie dalam hati ah tak masalah kan banyak warung di puncak it’s ok.
12. Setelah mendirikan tenda kembali teman teman dari rombongan cilacap  mulai mempersiapkan diri untuk turun gunung namun mereka memlih melalui jalur seula karena CEMORO KANDANG dalam keadaan musim penghujan sekarang ini pasti licin. 
13. Setelah saya menikmati puncak argodumilah saya putuskan menginap satu malam lagi hingga pagi menjelang dan menunggu hujan reda yang malam itu turun sangat deras.
14. Dan pagi harinya cuaca masih mendung disertai hujan rintik rintik namun tekad saya sudah bulat akan turun lewat cemoro kandang



                Rute Pendakian Via Cemoro Sewu :
· Cemoro Sewu-Pos I (Wesen-Wesen) 2100 mdpl : 1,5 jam pendakian
· Pos I-Pos II ((Watu Gedek) 2300 mdpl : 1 jam 45 menit pendakian
· Pos II-Pos III (Watu Gede) 2500 mdpl : 1 jam 30 menit pendakian
· Pos III-Pos IV (Watu Kapur) 2800 mdpl : 2 jam 45 menit pendakian
· Pos IV-Pos V (Jalatunda) 3000 mdpl : 1,5 jam pendakian
· Pos V-Sendang Drajat 3100 mdpl : 30 menit pendakian
· Sendang Drajat-Puncak Hargo Dumilah 3265 mdpl : 25 menit pendakian


15. Bukan main perjalanan menurun setelah semalam suntuk di guyur hujan lebat sangat licin seperti belut,bahkan saya kadang harus merangkak untuk turun karena sebatang tongkat tidak cukup untuk menghentikan saya terpeleset berulang-ulang dan tetap saya melanjutkan perjalanan.di jalur ini tidak banyak kita temui pendaki turun lewat jalur ini dan ada seekor burung yang menggoda saya dengan berjalan serta terbang di depan saya serasa mengajak saya berlomba. Sampai sore menjelang sekitar pukul 03.00 hujan mulai turun kembali dan saaya putuskan untuk mendirikan tenda karena kondisi tubuh yang tidak memungkinkan dengan perbekalan air yang habis saya mencoba menampung air hujan yang turun dengan parafin yang tinggal cadangan karena tabung gas sudah habis saya pakai di puncak saya masak 1 bungkus mie instan dan berganti baju hangat yang tinggal 2 stel saya tidur malam itu dalam dekapan sleaping bag dalam kesendirian.
16. Pagi harinya saya melanjutkan perjalanan yang masih diiringi hujan rintik rintik dan terpaksa saya memakai baju saya yang kemarin sore untuk mengirit perbekalan dan sekitar pukul 01.00 siang saya sampai di Taman sari bawah,pada saat menjelang maghrib karena batu batrei habis saya terpeleset dan duduk lemas di bawah sebuah pohon yang sangat rindang hingga pagi hari menjelang...wow di saat saya tidak sadarkan diri semalam suntuk tubuh ini diguyur hujan lebat dan perasaan saya mengatakan saya berada di sebuah rumah yang di bilang lumayan elit namun dalam ketidak sadaran saya merasa sehat dan tidak berada di gunung lawu dengan tubuh bersih dan duduk di sebuah taman yang sangat indah....dari kejauhan ada seseorang yang memanggil saya namun entah kenapa ada sesosok yang menarik saya hingga akhirnya saya saadarkan diri pada pagi harinya tanpa seseorang yang ada di sekitar saya.dengan kondisi lemas dan tak berdaya saya melanjutkan perjalanan dan sampai di taman sari bawah dekat sebuah warung saya terkulai lemas kebetulan ada petugas P3K yang membantu saya sampai ke pos CEMORO KANDANG karena kereta berangkat jam 1 siang saya hanya berkesempatan istirahat sebentar dan sarapan yang disediakan petugas jaga,tanpa banyak bicara saya langsung melanjutkan perjalanan pulang.
           Rute Turun Dari Puncak Hargo Dumilah Via Cemoro Kandang :
              1. Puncak Hargo Dumilah-Pos V 3150 mdpl : 30 menit perjalanan
              2. Pos V-Pos IV (Cokrosuryo) 3025 mdpl : 45 menit perjalanan
              3. Pos IV-Pos III (Penggik) 2760 mdpl : 1 jam 30 menit perjalanan
              4. Pos III-Pos II (Taman Sari Atas) 2470 mdpl : 1 jam 30 menit perjalanan
              5. Pos II-Pos I (Taman Sari Bawah) 2300 mdpl : 45 menit perjalanan
              6. Pos I-Cemoro Kandang 1830 mdpl : 1 jam perjalanan








17. Itulah pengalaman yang saya alami dalam perjalan perdana saya mendaki gunung lawu.

2 komentar:

  1. koreksi om, itu gambar terakhir cemoro kandang semeru

    BalasHapus
  2. makasih lama VAKUM jadi lupa perkembangan seperti apa

    BalasHapus

dengar suara hati